Sabtu, 27 Desember 2008

Kegiatan Study Tour

Desember 22-24 2008, SMANSA-Mjl telah melakukan kegiatan Study Tour ke wilayah Jakarta dan Banten. Program study IPA kunjungan ke PUSPIPTEK Serpong dan Universitas Indonesia, sedangkan Program study IPS ke Baduy, Bursa Efek Indonesia dan sebagian ke Monumen Nasional.

PERSIAPAN dan KEBERANGKATAN
18.30-19.30, siswa diharapkan sudah berkumpul di sekolah, tapi masih banyak yang tidak on time. Setelah itu siswa dikumpulkan di aula untuk diberi pengarahan. Kira-kira jam setengah 10 mulai berangkat. Dengan ditemani rintikan hujan yang menemani perjalanan kami. Perjalanan melalui rute kearah Subang-Cikampek lalu ke Pondok gede-serpong yang menghabiskan waktu kurang lebih 6 jam. 04.30 sudah memasuki daerah serpong. Lalu kami melakukan persiapan kunjungan, mandi, sholat, sarapan dan ganti baju.

KEGIATAN
Selasa, 23 Desember 08.00, program IPS melakukan perjalanan ke Baduy, sedangkan program IPA kunjungan ke PUSPIPTEK Serpong.

Di awali pertemuan dengan pengurus di ruang auditorium, lalu setiap kelas observasi ke setiap labolatorium yang ada di pusat penelitian ilmu dan teknologi itu. Setelah selesai pukul 12.00, dilanjutkan perjalanan ke Jakarta, check in hotel di wilayah Ragunan, lalu istirahat. 20.00 WIB, adalah acara bebas, tapi tiba-tiba di isi dengan acara pentas seni. Tentu ini membuat para siswa kecewa dengan keputusan ini. Pukul 22.00 kembali ke kamar dan tidur untuk pemulihan kondisi. 24 Desember, hari Rabu, setelah siap-siap untuk check out hotel, dilanjutkan kunjungan ke Universitas Indonesia. Acara di UI di isi hanya dengan kegiatan dalam satu ruangan. Penjelasan seluk beluk, prestasi, dan tanya jawab seputar UI. Observasi ke setiap Fakultas gagal dilaksanakan karena kurangnya waktu. Di Universitas ini di jadwal cuma 2 jam saja. Acara yang sangat dinantikan adalah tour ke Dunia Fantasi, Ancol. Di berikan waktu kurang lebih 6 jam, sangat di manfaatkan siswa untuk mencoba wahana yang ada di Dufan, dan berbelanja untuk oleh-oleh.

PENUTUPAN dan PERJALANAN PULANG
Pukul19.00 setelah berwisata di Dufan langsung pulang ke Majalengka. Perjalanan melalui Cianjur-Subang, dilewati dengan kondisi kelelahan. Ada sedikit masalah, satu dari bus yang kami tumpangi mengalami kecelakaan beruntun. Alhamdulillah tidak ada korban yang parah. Setelah itu, makan malam dan diisi dengan sesi tanya jawab seputar masalah yang di alami. 05.30 rombongan Study Tour telah sampai di Majalengka dengan selamat.

0 komentar: